WordPress Tips & Trick

Pilot

Sebetulnya, sewaktu pertama kali melihat WordPress ditahun 2005an, saya melihatnya sama sekali tidak tertarik. Dan kemudian pindah kerja sebagai web admin di tahun 2010an akhirnya pakai juga WordPress yang akhirnya sampai dibulan ini, November 2019 memutuskan untuk memilih CMS lain, yaitu Grav, hehehe. Tapi karena saat ini sudah mensosialisasikan kemana-mana kalau mau buat website, pakai yang mudah aja, pakai WordPress, ya sudah, akhirnya masih menangani website-website yang masih menggunakan WordPress. Dan berikut beberapa yang bisa saya bagi tips n tricknya yang semoga bisa bermanfaat.

Menyembunyikan Plugin Dari Plugin List

Misalkan kita ingin menyembunyikan plugin akismet, copy paste code dibawah ini di functions.php theme anda:

PHP
functions.php

Yang perlu diperhatikan adalah pada akismet/akismet.php. Yang dipanggil awal adalah nama foldernya dan kemudian nama file yang mengidentifikasi plugin tersebut, mudahnya adalah dimana didalamnya ada baris Plugin Name:. Karena kadang ada plugin yang menggunakan namaplugin.php atau init.php atau yang lainnya. OK, selamat mencoba.

Buka Visit Site Ditab Baru

Saat kita login ke dashboard, disebelah logo wordpress tertera nama website kita dan kalau kita klik disana ada menu Visit Site dan kalau kita klik maka akan langsung diarahkan ke frontpage website kita. Terkadang, kita inginnya tetap berada dimenu dashboard tapi sambil melihat halaman depan. Berikut kodenya agar ketika klik Visit Site tapi dibuka pada tab baru dan bukannya menimpa tab yang sedang kita sedang buka.

PHP
functions.php

Menonaktifkan WP Emoji

WordPress secara default mengaktifkan emoji untuk website kita. Tapi kadang kita tidak membutuhkannya karena kita tidak menggunakan emoji pada artikel atau komentar. Dan ya bisa membantu dikit-dikit lah untuk mempercepat loading web, xixixi.

Berikut kodenya untuk diterapkan di functions.php:

PHP
functions.php

Tapi kalau ingin mematikan emoji secara totalitas pada website, xixixi, bisa menggunakan kode yang kita ambil dari plugin Disable Emoji yang tentunya bisa kita terapkan di functions.php, kodenya yaitu:

PHP
functions.php

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− seven = one