Intro

OK, saya hanya ingin mendokumentasikan mengenai pencarian sewaktu mencoba VM VirtualBox bisa berjalan otomatis saat Windows mulai startup atau login. Oh iya, tulisan ini cuma untuk newbie bukan untuk yang sudah pro, karena akan membosankan sekali.

Situasi sekarang agak berbeda, karena Windowsnya menggunakan multiuser, satu administrator dan satunya lagi standard user tanpa password yang diperuntukkan anak-anak bermain games. Dan maunya adalah bagaimana VM Virtualbox ini bisa berjalan otomatis saat booting tanpa harus diaktifkan melalui akun Administrator.

Saya sudah menjalankan beberapa metode yang dilihat panduannya dari hasil searching di internet tapi sepertinya tidak berhasil yang akhirnya terpikir untuk membuat dengan cara task scheduler, walaupun sebenarnya ini cuma coba-coba dan Alhamdulillah malah berhasil. Padahal sebelumnya pernah coba juga dengan task scheduler tapi tidak berhasil, mungkin belum tepat aja ramuannya kali yah.

Trial and error

Perlu di ingat bahwa yang saya praktekkan disini adalah menggunakan Windows 7 multiuser bukan yang seperti biasanya singleuser saja dan menggunakan installasi VirtualBox seperti biasanya dimana akan VM akan di create di folder user account. Cara yang sudah saya praktekkan adalah menggunakan:

  • VboxVmService; Entah mengapa tidak berhasil, mungkin seharusnya di pindah tuk folder VMnya di C:, bukan di folder user account
  • bat file dengan command "C:\Program Files\Oracle\VirtualBox\VBoxManage.exe" startvm centos7 --type "headless" yang ditaruh di folder startup all users C:\Users\username\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup dan tetap ini tidak berhasil kalau setelah booting standard user yang terlebih dahulu login. Karena jika yang standard user login terlebih dahulu maka dia tidak memiliki akses untuk menjalankan VM VirtualBox yang sudah dicreate terlebih dahulu dengan menggunakan administrator user. Sedangkan tujuan kita adalah baik standard user atau administrator yang login atau tidak login VM VirtualBox otomatis berjalan.
  • Menggunakan software RunAsTool yang bisa di download melalui url ini. Tidak berhasilnya adalah karena saat bootup dan login menggunakan standard user, masih tetap minta password untuk menjalankannya dan tentunya bukan ini yang kita inginkan dari proses otomatis.
  • Mendaftarkan perintah di tab startup yang akan di eksekusi melalui msconfig. Tapi entah mengapa ini masih belum bisa berhasil juga jika standard user yang login terlebih dahulu. Mungkin karena standard user ini tidak memiliki akses untuk mengeksekusi VM yang sudah dibuat oleh administrator user. Mendaftarkan perintah ini melalui Regedit dengan lokasi HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run dan dengan membuat String value dan perintah "C:\Program Files\Oracle\VirtualBox\VBoxManage.exe" startvm centos7 --type "headless". mmmm atau mungkin harus memasukkan dua lokasi yah? di Run dan RunOnce? hmmm I don't know lah

Task Scheduler

Sebetulnya sudah trial menggunakan Task Scheduler tapi masih belum berhasil, mungkin karena ramuannya saja yang belum tepat. Dan setelah merubah sedikit perubahan ternyata berhasil. Berikut step by step yang saya gunakan agar VM VirtualBox bisa berjalan secara otomatis saat booting dan startup di Windows multiuser menggunakan Task Scheduler.

  1. Buat folder terlebih dahulu di Task Scheduler agar lebih mudah menatanya

  1. Tab General. Pilih sesuai yang ada di petunjuk pada gambar.

  1. Tab Triggers. Nah, di tab Triggers ini kita membuat 2 action, yaitu saat logon dan juga startup

  1. Tab Action. Bagian dimana untuk menjalankan perintah yang kita inginkan. Klik Browse atau isi dengan "C:\Program Files\Oracle\VirtualBox\VBoxManage.exe" dan kemudian pada kolom Add arguments (optional) isi dengan startvm centos7 --type "headless" yaitu agar bisa menjalankan VM VirtualBox yang kita inginkan berjalan otomatis tanpa harus membuka aplikasi VirtualBox itu sendiri.

  1. Tab Settings. Kita lewati tab Conditions dan biarkan default saja, dan langsung ke tab Settings sebagai mmmmm asuransi bahwa perintah yang kita cantumkan akan berjalan dengan baik.

Dan Alhamdulillah setelah save dan kemudian saya test booting dan login ke standard user kemudian test ping ke VM yang dibuat otomatis ternyata berjalan dengan baik. Alhamdulillah. Demikian saja catatan kali ini sebagai pengingat dikemudian hari bagi saya dan semoga bermanfaat jika ada yang membacanya.

Cileungsi, Panangga.

Thu, Nov 7, 2019 12:46 PM

Related Posts