virtualmin-setting-webmin-force-https

Virtualmin: Redirect HTTP to HTTPS

Saya memilih Virtualmin untuk web panel pada server yang biasa digunakan karena tiada lain karena mudah proses installansinya dan pengembangannya juga masih aktif terus dari tahun ke tahun.

Setelah proses selesai dan menambahkan user atau domain ke server, biasanya kalau diakses masih suka muncul error yang menunjukkan harus menggunakan https, bukan http untuk mengakses web panel (virtualmin).

virtualmin-error-document-https

Kalau saya sarankan sih untuk tetap menggunakan https, jadinya yang akan dibahas adalah, bagaimana otomatis ke https ketika user mengakses ke web panel, karena kecenderungannya adalah user langsung mengetikkan URL tanpa mengetikkan juga didepannya http atau https. Untuk settingnya bisa masuk ke Webmin => Webmin Configuration => SSL Encryption dan pada setting Redirect non-SSL requests to SSL mode? di pilih Yes.

virtualmin-setting-webmin-force-https

Nah, setelah di save konfigurasinya, bisa dicoba akses url/domain:10000 di browser, apakah sudah diredirect ke https atau belum. Kalau sudah ya berarti beres #lahiyalaaaaaaaahh. Tapi kalau di user masih belum juga ototmatis redirect ke https, mungkin bisa di setting juga Server Templates di Virtualmin, dengan cara Virtualmin => System Settings => Virtualmin Configuration dan pada kolom SSL settings pilih Yes pada pilihan Redirect HTTP to HTTPS by default?.

virtualmin-virtualmin-configuration-force-to-https

Dan langkah terakhir dari kedua langkah di atas adalah klik save #yaiyalaaaahhh.

Semoga bermanfaat, bagi yang gak ngerti apa yang saya bicarakan diatas, itu bukan masalah dan salah saya, xixixi.

Artikel terkait:   Dia - Diagram Editor

2 thoughts on “Virtualmin: Redirect HTTP to HTTPS”

Isi Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.