TANPA ILMU, AMAL TIDAK MUNGKIN DITERIMA ALLAH TA’ALA

Sesungguhnya ilmu adalah imamnya amal, dan amal adalah pengikutnya dan prajuritnya. Setiap amal yang selalu menyelisihi ilmu (yang tidak mengikuti bimbingan ilmu) maka amal tersebut tidak akan memberikan manfaat bagi pelakunya bahkan dapat memberikan mudharat padanya.
Sebagaimana yang telah disampaikan oleh sebagian kaum salaf: “Barang siapa yang beribadah kepada ALLAH tanpa ilmu maka yang dia rusak lebih besar dari apa yang dia perbaiki”.
Suatu amal diterima atau tidaknya sangat bergantung sesuai atau tidaknya amal itu dengan ilmu. Apabila amal tersebut sesuai dengan ilmu maka amal tersebut diterima, dan apabila amal tersebut menyelishi ilmu (bertentangan) dengannya maka amal tersebut tertolak.
Jadi, Ilmu merupakan tolak ukur yang utama.
ALLAH berfirman dalam surah almulk: 2.
Berkata fudhail bin iyadh ketika menafsirkan ayat “Ahsanu amalaan” ialah: “Amal yang paling ikhlas dan yang paling benar”
Sesungguhnya suatu amal jika ikhlas namun tidak benar maka amal tersebut tertolak. Dan jika benar namun tidak ikhlas juga tertolak. Ikhlas yaitu dilakukan karena ALLAH, dan benar yaitu harus sesuai dengan sunnah.
Ikhlas dan sesuai dengan sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam adalah 2 syarat diterimanya amal. Dan seseorang tidak mungkin bisa menghimpun kedua syarat tersebut melainkan dengan ilmu. Tanpa Ilmu, amal tidak mungkin diterima ALLAH ta’ala.
Jadi ilmu merupakan petunjuk menuju keikhlasan dan petunjuk dalam mengikuti sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.
(Al-Ilmu fadhluhu wa syarafuhu: 92-93)
Terjemahkan secara ringkas.
Note:
Ilmu yang dimaksud ialah yang bersumber dari alqur’an dan sunnah sebagaimana yang difahami oleh para sahabat Nabi yang mulia shallallahu alaihi wa sallam.
Akhukum Ahmad Ferry Nasution.
Note:
Tdk ada acara-acara/ ritual-ritual khusus dalam menyambut pergantian tahun baru hijriah ataupun masehi
Artikel terkait:   Kerinduan

Isi Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

÷ 1 = three

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.