Raspberry Pi: Install Libreelec dan Mount Network Drive Melalui Script autostart.sh

Prolog

Ceritanya habis coba-coba install Android 10 menggunakan LineageOS 17.1 di Raspberry Pi 3B+, dan sepertinya tidak seperti yang diharapkan, karena memang sebetulnya yang diharapkan adalah yang mau diinstall adalah versi Android TV, tapi ternyata tuk Raspberry Pi 3B+ belum mendukung, kalau yang baru Raspberry Pi 4 sudah mendukung untuk diinstall Android TV. Dan Android 10 di Raspberry Pi 3B+ malah jadi tambah berat setelah diinstall Google Apps agar nantinya bisa mengakses Play Store.

Tapi ya karena berhubung digunakan hanya untuk media center saja, sekalian saja deh install Just enough OS for KODI, Libreelec. Sebelumnya diinstal Raspbian tuk sekalian jadi server DNS Ad Blocker menggunakan piHole dan sekalian tuk oprekan tapi ya sutra lah, lagi males karena banyak kerjaan lainnya.

Libreelec: Mount Network Drive

Saya melakukan install Librelec menggunakan Balena Etcher, karena saat menggunakan LibreELEC USB-SD Creator di macOS Monterey error.

Penting!!!

Saat proses install selesai dan masuk ke Kodi untuk pertama kalinya, akan muncul wizard setup dan jangan lupa untuk pastikan SSH diaktifkan dan silakan isi atau kosongkan passwordnya.

Permasalahannya ketika mau akses ke file sharing Windows. Kodi => Settings => Media => Library => Videos => Add Videos… selalu error Operation not permitted. Emang sih pernah saya bahas di postingan sebelumnya, Kodi 19.1 Matrix di Android TV error permition not permitted saat akses smb windows 10. Tapi saya ingin menggunakan solusi yang berbeda, terlebih karena bisa akses SSH ke Libreelec. Saya ingin coba mount network drive smb Windows 10 dari shell script.

Baca juga:  Installing Synergy on Raspbian

Sebelumnya sih sudah saya coba menggunakan yang ada di wiki libreelec tuk Mount Network Share menggunakan Samba tapi ternyata tidak berhasil, dan karena lagi males ngoprek ya mending pakai cara classic aja, saya akan mount drivenya menggunakan perintah:

mount -t cifs -o username=guest //10.0.7.3/ITHDD001 /storage/mount/ITHDD001

Dan ternyata berhasil, artinya tinggal kita buat aja script yang nantinya akan dieksekusikan setiap Raspberry Pi booting. Oh iya, sebelumnya buat directory terlebih dahulu yah di /storage sebelum eksekusi perintah mount.

Dan ternyata, Libreelec ini sudah disiapkan dengan script autostart.sh yang nantinya akan dicek setiap boot, walaupun file scriptnya saat pertama kita install Libreelec belum ada, kita tinggal membuatnya saja. Baiklah, kita buat yah file autostart.sh.

vi /storage/.config/autostart.sh

Dan kemudian isi dengan command-command yang ingin kita eksekusikan:

mount -t cifs -o username=guest //10.0.7.3/ITHDD001 /storage/mount/ITHDD001

Setelah itu kita reboot.

Nah, terjadi error, saat saya coba ingin lihat isi folder dengan perintah ls -l /storage/mount/ITHDD001 ternyata masih kosong, gulang guling gulang guling, akhirnya tahu masalah dan solusinya, hehehe. Saya bingung teorinya gimana, pokoknya ketika boot script /storage/.config/autostart.sh dieksekusi tapi ternyata networknya belum UP, jadinya error, karena script yang kita cantumkan adalah ingin menggunakan sebuah network adapter. Nah, solusinya adalah Kodi => Settings => Libreelec => Network => Dan pada section Advanced Network Settings, aktifkan pilihan Wait for network before starting Kodi. Setelah itu reboot lagi deh, dan viola, kita sudah bisa liha isi folder /storage/mount/ITHDD001.

Baca juga:  Cara Remote KODI LibreELEC di Raspberry Menggunakan VNC

Setelah itu silakan buat source video menggunakan local folder yang kita buat, Kodi => Settings => Media => Library => Videos => Add Videos… => Browse => Home Folder => mount => ITHDD001

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

37 ÷ = thirty seven