Profil

Pendidikan

Pendidikan saya Alhamdulillah masih sempat merasakan bangku SMA jika dibandingkan dengan 3 saudara saya yang lain. Selepas SMA saya mendapatkan mmmm saya lupa apa itu namanya, PMDK atau beasiswa atau apa itu namanya, yaitu jenjang ke perguruan tinggi, yaitu ke BINUS dan ternyata menurut teman saya yang waktu itu kuliah di IKIP Bandung bahwa nama saya tercantum juga tapi waktu itu saya cuma dapat surat di tangan hanya BINUS saja karena memang selepas SMA saya sudah tidak pulang dirumah, nomaden. Tapi Alhamdulillah, saya tidak sempat merasakan bangku kuliah. Semua ada hikmah.

Karena, sebetulnya, kita tidak perlu merasakan bangku kuliah untuk bisa mendapatkan ilmu yang lebih tinggi yang diajarkan di bangku kuliah. Dan ilmu itu kepunyaan Allah, maka Allah pula yang memilih kepada siapa ilmu-Nya akan diberikan melalui taqdir-taqdir-Nya.

Pekerjaan

Saya mulai bekerja tahun 1999 di IKKJ sebagai QC dan bertahan 5 tahun saja, setelahnya saya membuka jasa service komputer di perempatan Cileungsi dengan nama Del3Art. Dan karena ingin menghibur orang tua, saya melamar pekerjaan dan akhirnya masuk di pabrik garment sebagai IT Support, mmmm kalau gak salah di sana sebutnya EDP. Dan itu pun hanya bertahan 3 tahun dan sepertinya tidak ingin atau tidak tertarik lagi untuk bekerja di pabrik or kantoran. Setelah meminta berhenti untuk tidak memperpanjang kontrak di garment saya nganggur dengan satu istri. Dan Alhamdulillah Maret 2009 saya kerja sebagai IT di sebuah stasiun radio komunitas. Dan alhamdulillah bertahan sampai sekarang dan sepertinya sih inginnya bertahan sampai waktu memisahkan.

Hobi

Saya memperdalam hobi saat masih bekerja di garment. Dari mulai belajar VB6, Excel, membuat virus untuk OS Windows, kloning menggunakan Symantec Ghost, troubleshoot dan maintenance Windows PC. Sedangkan di tempat bekerja saat ini, pada awalnya adalah untuk maintenance website dan akhirnya memperdalam CMS WordPress dari mulai membuat theme sampai plugins dan kemudian mendalami speed performancenya. Seru-seru lieur. Sampai akhirnya mendalami apa yang saat ini lebih rutin dikerjakan, dari mulai mengurusi administrasi sampai instalasi, seting dan memelihara server. Server streaming untuk audio (radio) yang menggunakan shoutcast dan video streaming yang menggunakan Wowza. File server yang biasanya saya install menggunakan ISPConfig 3 dengan menggunakan Nginx dan HHVM. Tapi sepertinya saya agak kurang memakai HHVM karena dia tidak bisa untuk cgi dan juga karena HHVM buatan Facebook, ya you know lah gimana ulah para big company, kalau lagi pengen ya mereka buat dan share untuk meningkatkan image mereka tapi kalau lagi gak pengen ya udah selesai, cut cut cut, finish and gone, repot dah kita yang udah terlanjur pakai dan senang featurenya.

Sentuhan

Terlalu banyak yang saya sentuh di bidang IT sehingga tidak terlalu paham, mungkin kata orang banyak tahu tapi tidak tahu banyak dalam penguasaan ilmunya. Pada awalnya karena semangat ingin memberdayakan inventaris agar bisa lebih berguna dan bermanfaat untuk orang banyak, yaitu handycam, akhirnya belajarlah membuat server video streaming dari mulai menggunakan shoutcast sampai akhirnya bertemu dengan Wowza. Kemudian membuat system alur proses stasiun tv dengan menggunakan alat-alat yang seadanya, menggunakan software elektronika, hardware video capture Pinnacle 500 USB sehingga beroperasilah tv streaming yang Alhamdulillah sekarang sudah semakin berkembang sampai mengudara melalui satelit. Dan akhirnya lebih memilih untuk memisahkan keduanya menjadi 2 department, tv dan IT yang akhirnya saya lebih memilih IT karena core sebuah perusahaan berada di IT. Karena saya berpikir, system tv sudah saya buat sehingga tinggal pengembangan hardware saja guna lebih mudah dalam proses operasional. Dan mulai deh dari sana pengembaraan dalam menekuni jaringan dan server tapi waktu yang paling rutin tersentuh adalah dalam pemeliharaan server yang lebih memilih CentOS sebagai operating systemnya dan macOS sebagai pegangan keseharian.

Kelemahan

Mmmmm I will not tell about my biggest weaknees but I want to tell that the biggest saddest about me is I can easily to forget. Because I have hard time as teenager and recently I hard time to remember, I don't know it's because my trauma? or accident? or I don't know why I have effects like the concussion?. Maybe like Dory. Still mystery but I wish I can found it about this but I think it's will require a lot of costs so I choose live with this weakness instead to cure the concussion.

NOS

Well... well...well, sebetulnya sih kalau untuk nulis pengennya pakai bahasa Inggris seperti di mimpi saya dari semenjak kapan tau. Maksudnya, saya selalu bermimpi dengan menggunakan bahasa Inggris, entah lah, gak tau kenapa dan seingat saya sih dari semenjak dari mulai bisa bermimpi, hehehe, dan Alhamdulillah ketemu pasangan yang lebih pintar dalam mengucapkan bahasa Inggris dan saya banyak belajar dari pasangan saya yang tidak lain adalah istri saya yang saat ini sudah diberikan kepercayaan oleh Allah melalui rahimnya dimana pada saat ini di Thu, Oct 31, 2019 sedang mengandung anak ke 5 yang sedang berumur 3 bulan masa kehamilan, Insya Allah. Alhamdulillah anak-anak pada unik and incredibles. Saya nyaman banget walaupun saya selalu diminta istri saya untuk mengambil quota yang masih tersisa. Ah tapi sutralah, tak usah diseriusi dan diambil hati, karena seringnya wanita mudah mengucapkan sesuatu karena ada maunya aja, they never meant it. Because after they meant it they always regret it. You know lah, women.