Merubah Website Menjadi Aplikasi Desktop

Pilot

Sebetulnya sudah lama saya mencari tool yang bisa merubah url website menjadi aplikasi desktop. Dulu taunya pakai htmlexe, tapi ini komersil. Saya inginnya pakai yang sederhana saja. Selagi klak-klik klak-klik, terbersit ide ingin memudahkan bocah untuk menggunakan remote wdtv agar gak selalu buka browser dan kemudian klik bookmark. Setelah sekian lama akhirnya muncul lagi ide ini dan baru kali ini bisa mendokumentasikannya, Alhamdulillah.

Install Windows Package Manager

Disini kita cobanya menggunakan Windows 7 Professional SP1 di mesin HP ProLiant MicroServer N54L Karena disini kita butuh untuk install npm atau nodejs yang mana saya lebih cenderung dan nyaman menggunakan instalasinya menggunakan command line, ya walaupun nodejs menyediakan versi installernya tapi saya nyamannya pakai command line, hehehe. Nah, karena berurusan dengan command line maka sepertinya kita butuh package manager, kalau di Linux tentunya sudah pasti ada dan kalau macOS yang terkenal cuma satu yaitu brew yang bisa dilihat di brew.sh sedangkan untuk Windows ini ada 2 yang sama-sama bersaing, yaitu chocolatey atau choco dan scoop.

Update Powershell

Sebelum install Windows Package Manager mungkin enaknya kita update terlebih dahulu PowerShellnya ke versi 5.1 saat saya menulis dokumentasi ini. PowerShell 5.1 bisa didownload langsung diwebsite resmi Microsoft atau kalau mau cek versi PowerShellnya terlebih dahulu juga boleh, yaitu dengan perintah:

Shell

Kalau yang keluar adalah seperti ini:

Shell

Mungkin seharusnya harus segera diupgrade PowerShellnya yang bisa didownload diwebsite Microsoft, karena minimal yang dibutuhkan adalah versi 5.

Shell

Chocolatey – The Package Manager for Windows

Pertama yang saya coba adalah chocolatey yang katanya lebih banyak penggunanya dan juga lebih banyak database software yang disupport. Untuk install chocolatey kita buka PowerShell sebagai Administratordan kemudian cek policynya apakah sudah boleh install dari sumber lain atau tidak, bisa dicek dengan perintah:

Shell

Jika yang tertera adalah Restricted maka kita harus rubah policynya setidaknya menjadi Bypass atau AllSigned. Kalau saya sih saya rubah jadi AllSigned, yaitu dengan perintah:

Shell

Setelah itu kita jalankan perintah dibawah ini untuk memulai install chocolatey:

Shell

Dan kelar deh install chocolatey yang selanjutnya bisa dilanjutkan dengan proses install nodejs.

Tapi entahlah, kenapa saya coba selalu saja gagal untuk install nodejssesuai yang diberikan intruksinya dari web official nodejs.org. Saya coba dua perintah yang disarankan, yaitu cinst nodejs.install dan cinst nodejs tapi hasilnya tetap sama, yaitu error:

Shell

Kalau dibaca errornya sih ya terletak di apinya, apakah… ya sudahlah, mending saya coba WIndows Package Manager lainnya aja deh, hehehe.

Scoop – A command-line installer for Windows

Kalau melihat webnya sih kok kaya meyakinkan gitu yah xixixi, kaya brewsoalnya, pakai extension .sh dan cara installnya pun mudah, gak seperti chocolatey, yaitu:

Shell

atau dengan perintah yang sederhana, yaitu:

Shell

Dan kalau ternyata masih ada error bisa dirubah dulu policynya dengan perintah:

Shell

Dan output dari perintah iwr -useb get.scoop.sh | iex seperti berikut:

Shell

Dan kita segeralah untuk kita lanjutkan install nodejs, dengan perintah scoop install nodejs, weh, kaya brew yah, saya suka saya suka saya suka.

Shell

ah… mudahnya begitu menggoda.

nativefier – Make any web page a desktop application

Nama aplikasinya adalah nativefier, yang bisa diinstall di WindowsLinux, dan macOS dan software ini adalah open source, dan ini yang selalu dicari-cari, karena hampir rata-rata yang tersedia adalah untuk Windows yaitu menggunakan htmlexe dan banyak lainnya lagi yang kebetulan saya malas cobanya juga, hehehe. Karena kebutuhan saya adalah untuk semua OS. Dan ada fluid yang hanya bisa digunakan di macOS.

nativefier ini sebetulnya dulu pernah ngoprek juga di MacBook Air untuk buat aplikasi WhatsApp dan apa gitu, masih ada beberapa lagi, tapi lupa, hehehe. Ya dah lama sih ngopreknya dan ini baru keingetan lagi, jauh banget ingetnya ampe beberapa tahun, HAHAHA. nativefier ini dibangun diatas nodejs dan packagernya menggunakan electron. Ya pantes aja yah bisa di semua OS, lah wong pakai electron, xixixi. Ya iya sih ya masa ya iya dong.

Sekarang nodejs dan npm sudah terinstall menggunakan scoop dan saatnya bagi kita untuk memulai install nativefier, yaitu dengan perintah npm install -g nativefier:

Shell

Wah, hidup jadi serasa lebih mudah, Alhamdulillah.

Nah, apa aja sih command yang di support sama nativefier ini? saya copy paste disini yah, ya biar saya juga bisa inget lagi, hehehe.

Shell

OK. Sekarang waktunya kita coba experiment membuat aplikasi desktop untuk remote WDTV. Yang saya cantumkan disini adalah perintah yang terakhir yang menjadi final, hehehe, yaitu:

Shell

--name WDTV; yaitu untuk memberikan nama aplikasinya.

--single-instance; karena saya inginnya aplikasi ini hanya bisa dibuka sekali dan satu window saja.

-i C:\Users\Darto\Downloads\output-onlinepngtools.ico; Mungkin sebetulnya gak perlu pakai full path, bisa langsung nama filenya aja asalkan file .ico berada disatu folder yang sama kita menjalankan perintah. Oh iya, untuk membuat file .ico ini saya menggunakan image yang saya download dalam format PNG tapi ternyata tidak transparent sepenuhnya sehingga saya menggunakan Online PNG Tools dan kemudian saya convert menjadi ico dengan convertico

--width 240; Karena saya menginginkan windownya pas untuk ukuran remotenya.

--max-width 320; Karena saya inginnya gak perlu sampai maximized juga ukurannya.

--disable-context-menu; Agar tidak bisa klik kanan. Karena kan aslinya ini tuh ya web browser aja yang tentunya nanti masih bisa diklik kanan, nah ini untuk mendisable klik kanannya.

"http://10.0.7.2/wdtvlive/remote/"; Ini adalah url atau nama website yang ingin kita jadi aplikasi desktop.

OK. Selamat mencoba, misal untuk WhatsApp webnya yang menggunakan url web.whatsapp.com.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven × one =