mengejar-dunia

Mengejar Dunia

Entah, sedang mencari sesuatu, eh malah dihadapkan pada hadits ini. Sepertinya sedang diingatkan kembali arah dan tujuan hidup, Alhamdulillah. Semoga kita tidak pernah lelah dalam mengambil hikmah atau tidak pernah lelah dalam menyadari peringatan dari Illahi dalam menggapai nilai-nilai hidup yang sesungguhnya.

[arabic-font]

مَنْكانتالدنياهَمَّهُفَرَّقاللهعليهأمرَهُوجَعَلَفَقْرَهُبينعينيهولميَأْتِهمنالدنياإلاماكُتِبَله،ومنكانتالآخرةُنِيَّتَهُجَمَعَاللهُلهأَمْرَهُوجَعَلَغِناهفيقَلْبِهوأَتَتْهُالدنياوهِيَراغِمَةٌ

[/arabic-font]

“Barangsiapa yang (menjadikan) dunia tujuan utamanya maka Allah akan mencerai-beraikan urusannya dan menjadikan kemiskinan/tidak pernah merasa cukup (selalu ada) di hadapannya, padahal dia tidak akan mendapatkan (harta benda) duniawi melebihi dari apa yang Allah tetapkan baginya. Dan barangsiapa yang (menjadikan) akhirat niat (tujuan utama)nya maka Allah akan menghimpunkan urusannya, menjadikan kekayaan/selalu merasa cukup (ada) dalam hatinya, dan (harta benda) duniawi datang kepadanya dalam keadaan rendah (tidak bernilai di hadapannya)

HR Ibnu Majah (no. 4105), Ahmad (5/183), ad-Daarimi (no. 229), Ibnu Hibban (no. 680) dan lain-lain dengan sanad yang shahih, dinyatakan shahih oleh Ibnu Hibban, al-Bushiri dan syaikh al-Albani.

Artikel terkait:   Dimanakah Kedudukanmu di Dunia ini?

Isi Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirty nine + = forty seven

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top