Membuat USB UEFI Boot Windows

Membuat USB UEFI Boot Windows

Pendahuluan

Sebelumnya pernah buat USB UEFI boot Windows di macOS, tapi kok gak berhasil yah, akhirnya karena lagi buru-buru ya pakai Windows aja, hehehe. Saya maunya agar USB UEFI Windows bootable ini bisa digunakan untuk di PC dan juga di macOS, dan nantinya akan disimpan. Sudah coba pakai rufus untuk mengaktifkan UEFI tapi dicoba di beberapa PC n macOS ada yang bisa dan ada yang tidak, dan nemu tutorial di WosHub menggunakan DiskPart dan ternyata lebih asik. Ya mungkin dilain hari kalau sudah bisa buat USB UEFI Windows bootable di macOS akan saya update di postingan ini saja, إِنْ شَاءَ ٱللَّٰهُ.

Entah deh, saya kok lebih preferred untuk menggunakan text based or command line di setiap ngoprek sesuatu. Metode membuat USB UEFI untuk bootable Windows dengan DiskPart bisa diaplikasikan untuk Windows 7 dan Windows 10, caranya sama, yang beda hanya source ISO yang dipakai. Kalau mau download file ISO nya bisa ke postingan sebelumnya, Install Windows ke Harddisk External atau USB Flashdisk.

DiskPart

  1. Konek-kan USB flash drive ke PC
  2. Buka Command Prompt (CMD) sebagai Administrator
  3. Ketikkan perintah => diskpart
  4. Kemudian kita list semua drive => list disk
  5. Pilih USB yang kita sudah konek-kan ke PC, perhatikan size-nya dan kemudian pilih sesuai angka yang tertera, saya menggunakan permisalan pada kasus saya adalah disk 8, silakan sesuaikan => select disk 8
  6. Hapus partisi pada USB => clean
  7. Membuat primary partition => create partition primary
  8. Mengkatifkan partisi => active
  9. Kemudian list volume => list volume
  10. Pilih volume USB => select volume 10
  11. Format dengan FAT32 => format fs=fat32 quick
  12. Mengapa dengan FAT32? Karena UEFI tidak bisa booting dari NTFS, ya bisa lah menggunakan NTFS tapi bergantung firmware driver system yang digunakan perangkatnya. Kita cari amannya aja dengan menggunakan FAT32, OK.
  13. Daftarkan volume yang sudah diformat FAT32 dengan drive letter => assign
  14. Selesai => exit

Copy Seluruh File ISO ke USB

Pastikan kembali drive letter dari USB yang sudah diformat, kemudian double click ISO Win10_21H1_English_x64.iso atau ISO Windows 7. Biasanya USB drive letternya adalah F: dan file ISO Win10 or Win 7 adalah D:.

Baca juga:  Convert SRT to SUB/IDX

Copy semua file dan folder sesuai yang ada di ISO kecuali sources/install.wim. Karena file ini sizenya 4.8GB sedangkan maximum file size FAT32 hanya sebesar 4.2GB. Dan kita akan memecah file install.wim ini menjadi 2 file bagian dengan perintah:

Dism /Split-Image /ImageFile:D:\sources\install.wim /SWMFile:F:\sources\install.swm /FileSize:3000

Dan sudah selesai untuk pembuatan USB bootable UEFI untuk Windows 10, sedangkan untuk Windows 7 masih ada hal extra.

UEFI Boot Windows 7

  1. Copy folder boot yang ada di folder F:\efi\microsoft naik satu level diatasnya, yaitu ke F:\efi.
  2. Kemudian buka file F:\sources\install.wim menggunakan 7-Zip dan copy file F:\sources\install.wim\1\Windows\Boot\EFI\bootmgfw.efi ke folder F:\efi\boot dan rename menjadi bootx64.efi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifty six ÷ = twenty eight