macOS: Memperbaiki Adobe Tidak Bisa Dibuka di Hackintosh Ryzen

Intro

Jadi ceritanya pengen ngantor dan sebetulnya rencana sudah dari hari kamis tapi gak jadi karena gerimis n mendung terus. Dan bisanya ternyata hari Jum’at, اَلْحَمْدُلِلّهِ .

Ya biasa, pastinya kalau ngantor itu ada aja yang mengeluhkan entah perangkat atau software yang menghambat kinerja teman-teman dan sebetulnya ini yang ditunggu-tunggu, bikin hidup makin hidup, hehehe.

Masalah

Jadi ceritanya ada salah satu teman yang mengeluhkan mengenai Adobe Illustratornya yang tidak bisa diinstall, sebetulnya sudah pernah diinstall tapi katanya ingin downgrade versinya tapi akhirnya ketika sudah diinstall lagi dan kemudian dibuka, error terus.

Dan gak hanya Illustrator yang bermasalah, katanya tuk Adobe Photoshop pun bermasalah, baik ketika menyimpan file ataupun memfilter warna.

Kesulitan

Sudah utak-atik, tapi masih belum nemu juga. Setelah lihat casing dan restart macOS nya baru engeuh kalau devicenya ternyata hackintosh. Ya, di kantor ada hackintosh dan banyak yang beli produk aslinya, hehehe.

Tadiannya dikira karena masalah storage karena ada info katanya tidak bisa upgrade ke Big Sur karena format SSD nya tidak mendukung. Setelah dilihat ternyata storagenya menggunakan NVMe yang menggunakan PCI Express. Tapi setelah dipikir-pikir, sepertinya ini tidak ada korelasinya deh dengan Adobe, tapi kalau proses instalasi or upgrade memang bisa berpengaruh.

Dan ternyata baru inget kalau Hackintoshnya menggunakan processor Ryzen 5, dan tentunya pastinya ada perlakuan khusus terhadap software-software yang diinstall di dalamnya.

Solusi

Setelah konsultasi dengan @adinotokadir dan dikasih link naveenkrdy.

Baca juga:  macOS: Menyembunyikan Icon TeamViewer di Dock

OK, mari kita coba praktekkan yah.

Setelah selesai proses instalasi Adobe melalui Adobe Creative Cloud, kemudian buka terminal dan kemudian copy paste command berikut ini (gak papa, langsung copy aja semuanya dan nanti masukkan password jika emang diminta).

Shell

Setelah command diatas selesai, maka dilanjut dengan perintah berikut ini:

Shell

Setelah itu kemudian di restart macOS nya.

Dan setelah dicoba kembali, Adobe Illustratornya bisa dibuka dan permasalahan di Adobe Photoshop pun sudah gak ada lagi, اَلْحَمْدُلِلّهِ .

Warning

Jika melakukan proses re-install aplikasi Adobe, maka harus dijalankan ulang kembali command diatas.

Nah, jika teman-teman merasa masalah diatas masih berlanjut tapi ingin me-reverse command diatas, maka jalankan command berikut:

Shell

Update on Saturday, March 27, 2021 04:36 AM

Masalah Baru

Setelah beberapa hari, dia mengadu lagi kalau sekarang photoshopnya tidak bisa dibuka tapi illustrator masih bisa digunakan. Saya coba kembali memperbaiki Adobe menggunakan 2 perintah diatas tapi tidak bisa dibuka juga. Hmmmm…. saya jadi bingung. Tapi setelah diingat-ingat secara mendetail, ada kesalahan langkah dalam memperbaiki Adobe yang tidak bisa dibuka.

  1. Saya lupa kalau seharusnya setiap kali menjalankan 2 perintah harus reboot system, tapi malah langsung dibuka aplikasinya.
  2. Tapi ternyata, sebelum saya memperbaiki yang kedua kali, ternyata dia sudah melakukan proses update untuk software Adobenya.

Tapi kalau merujuk ke petunjuknya sih ya walaupun sudah melakukan update ya tinggal melakukan 2 perintah patch processor, tapi ini masih belum berhasil juga yah, hehehe. Bingung beta.

Baca juga:  Hapus Storage Pool Read Only

Sampai akhirnya, karena saya gak masuk-masuk, maklum, nih masih suka sakit terus bahu kanannya, jadi kurang nyaman aja kalau dipakai kerja. Akhirnya dia lapor ke support Adobe dan sampai di remote, sampai login menggunakan root dan ternyata masih belum terselesaikan juga masalahnya hehehe.

Setelah support Adobe nyerah dan katanya macOS nya harus diupdate ke Big Sur tapi dia berhenti disitu karena proses updatenya lama banget, estimasi 3 jam, ya sutra lah, akhirnya kita lanjutin aja deh.

Karena software Adobenya sudah dihapus semua oleh support Adobe, akhirnya saya coba install baru dan mungkin kesempatan untuk mencoba versi lama, akhirnya saya coba aja versi Adobe CC 2018. Saya remote pakai AnyDesk terus saya coba matikan DNSnya (kok masih bisa diremote yah? HAHAHA) terus saya patch hosts agar tidak usah update Adobenya dan selesai instalasi saya coba patch agar bisa berjalan di Hackintosh Ryzen, dan saya buka aplikasinya dan ternyata gak bisa dan ternyata saya masih lupa juga kalau setelah patch jangan dibuka aplikasinya HAHAHA karena seharusnya di restart dulu kemudian baru dibuka aplikasinya, xixixi. Dan saya coba ulangi stepnya dengan uninstall menggunakan CleanMyMac dan saya coba lagi install baru dan kali ini setelah patch untuk Hackintosh Ryzen saya restart dan ternyata sama aja, hehehe. Masih belum bisa dibuka dan tadiannya bingung sekarang sudah berubah menjadi pusing beta, xixixi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one + one =