macOS: Cara Memperbaiki Aplikasi Error Cannot Be Opened Because It Is From an Unidentified Developer Melalui Terminal

Intro

Hmmm… judulnya kepanjangan sih, tapi mau gimana lagi, hehehe, begitulah adanya.

Bagi yang memakai macOS, mungkin pernah mengalami atau mungkin nantinya akan mengalami dimana akan menginstall aplikasi tapi diluar dari App Store atau dari developer yang bukan kelas kakap, hehehe.

Apple Support

Jika Anda mencoba membuka app yang tidak terdaftar di Apple oleh pengembang yang dikenal, Anda akan mendapatkan dialog peringatan. Ini tidak berarti bahwa ada yang salah dengan app. Misalnya, beberapa app ditulis sebelum pendaftaran ID pengembang dimulai. Namun, app belum pernah ditinjau, dan macOS tidak dapat memeriksa apakah app sudah pernah diubah atau rusak sejak diluncurkan.

Cara umum untuk menyebarkan malware adalah dengan mengambil app dan menyisipkan kode berbahaya ke dalamnya, lalu disebar ulang. Oleh karena itu, app yang tidak terdaftar oleh pengembang yang tidak dikenal dapat berisi kode berbahaya.

https://support.apple.com/id-id/guide/mac-help/mh40616/mac

Bukan hanya aplikasi dari Developer yang tidak dikenal oleh Apple tapi jika menginstal aplikasi bajakan, sering juga terjadi error cannot be opened because it is from an unidentified developer atau bahkan sampai dibilang aplikasinya bermasalah.

Solusi

Solusi Pertama

Karena saya lebih sering dan senang bermain dengan Terminal maka tentunya ini menjadi solusi pertama, hehehe.

Agar memudahkan, maka saya akan membuat shortcut command atau alias di Terminal agar kita tidak menulis commandnya panjang dan juga agar lebih mudah diingat.

Baca juga:  Windows Explorer Tidak Bisa Delete, Move, Renama File Karena Error Source Path Too Long

Buka profile Shell yang dipakai, karena saya pakai Big Sur maka Shell yang dipakai adalah ZSH dan untuk membuka profilenya menggunakan perintah:

Shell

Dan bagi yang masih menggunakan Bash maka untuk membuka profilenya menggunakan perintah:

Shell

Dan kemudian copy paste atau ketik manual, hehehe, baris kode berikut ini:

Shell

Artinya kita akan menggunakan perintah gatekeeper untuk memperbaiki aplikasi yang kalau dibuka muncul error “cannot be opened because it is from an unidentified developer” dan cara menggunakannya adalah cukup panggil perintah:

Shell

dan kemudian masukkan password login macOS ketika diminta. Setelah itu buka kembali aplikasi yang sebelumnya error tersebut.

Kalau saya sih lebih memilih cara menggunakan Terminal karena lebih cepat dan efesien dibandingkan menggunakan cara biasa yang harus klak sini klak sana yang membutuhkan waktu.

Solusi Kedua

Sebetulnya sih yang mau dibahasa adalah cuma solusi pertama aja yang menggunakan command di Terminal tapi mungkin bagi yang tidak ingin membiasakan dengan Terminal bisa menggunakan cara biasa.

Ketika aplikasi sudah dicopy ke folder /Applications dan dibuka ada error “cannot be opened because it is from an unidentified developer“, Anda bisa langsung tutup saja aplikasi tersebut dan kemudian ke menu  => System Preferences => Security & Privacy dan akan ada keterangan dan tombol “Open Anyway” dibawah “Allow apps downloaded from:” untuk segera diambil tindakan.

Baca juga:  macOS: xcrun: error: invalid active developer path
Cannot Be Opened Because It Is From an Unidentified Developer
Cannot be opened because it is from an unidentified developer
Cannot Be Opened Because It Is From an Unidentified Developer - System Preferences
 => System Preferences => Security & Privacy
Cannot Be Opened Because It Is From an Unidentified Developer - Open Anyway
Open Anyway

Setelah di klik Open maka kita bisa buka aplikasinya dengan normal, tanpa error lagi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten × 1 =