mencari-ip-public-menggunakan-terminal

Mac: Cara Mendapatkan IP Public Melalui Terminal (Command Line)

Memang mudah untuk bisa mencari IP public, sekarang sudah banyak web tool yang bisa menunjukkan IP public kita, tapi kekurangannya adalah kita harus membuka browser dulu. Bagi antum yang lagi males buka browser, dan bagi antum yang sedang lagi coding atau yang sering bermain dengan Terminal di Mac atau Linux mungkin bisa membantu pakai cara berikut untuk mengetahui IP public.

Eh…. bukan menggurui tapi ini mah cuma sharing aja ya, afwan kalau ternyata udah basi infonya atau antum semua udah tau. Ya kalau gitu buat arsip aja lah, hehehe.

Antum bisa coba ketik perintah berikut ini di Terminal punyanya Mac atau Linux:

dig +short myip.opendns.com @resolver1.opendns.com

atau

curl ipecho.net/plain; echo

atau

curl ifconfig.co

Dari ketiga cara tersebut yang paling cepat kalau di urutkan adalah pertama, ke 3 kemudian ke 2. Ya mungkin juga nantinya akan bergantung juga dengan koneksi antum juga, tentunya, hehehe.

OK deh selamat mencoba, oh iya, cara-cara diatas tentunya mewajibkan anda harus online atau connect ke internet ya, jangan sampai nyoba-nyoba perintahnya tapi lupa connect ke internet dulu, xixixixi. Eh…. tapi bisa juga sih tuk ngetest kalau jaringannya sebetulnya connect ke internet atau enggak. Eh lagi nih…. cara di atas ntuh belum pernah dicoba dibelakang proxy ya, kalau ada yang pernah nyoba, silakan atuh share.

Bagi pecinta Windows, mungkin bisa install dig.exe dengan mengikuti petunjuk dari samclass dan bisa install curl.exe dengan mengikuti petunjuk dari support zendesk.

Artikel terkait:   How to Take a Screenshot on Zorin

Isi Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.