Kodi 19.1 Matrix di Android TV Error Operation Not Permitted Saat Akses SMB Windows 10

Kodi 19.1 Matrix di Android TV Error Operation Not Permitted Saat Akses SMB Windows 10

Jadi ceritanya habis bersih-bersih MicroServer N54L sampai kinclong semua komponennya dan coba Windows 10 dengan metode Windows To Go, eh berhasil, walaupun di prosesnya mengalami kesulitan karena Rufus tidak ada lagi menu Windows To Go seperti yang sudah dipraktekkan di artikel sebelumnya.

Ternyata berhasil dan kemudian saya pilihnya untuk login menggunakan akun live.com.

Dan seperti biasa, pastinya setiap drive di share agar nantinya bisa diakses oleh Kodi yang ada di Android TV.

  • Langkah pertama klik kanan di icon komputer di pojok kanan bawah dan pilih Open Network & Internet settings kemudian scroll dikit kebawah sampai dibagian Advanced network settings klik Network and Sharing Center dan di menu kiri klik Change advanced sharing settings
  • Pastikan pada Network Discovery sudah dipilih bagian Turn on network discovery
  • Aktifkan juga dengan memilih Turn on file and printer sharing pada bagian File and printer sharing
  • Kemudian klik All Networks dan pada bagian Password protected sharing dipilihnya adalah Turn off password protecting sharing
  • Setelah itu saya lanjut dengan share semua drive dan saya pilih Everyone untuk memiliki akses Full Control.

Nah, ini adalah konfigurasi yang saya pilih, gak perlu ditiru, saya tidak menggunakan password di sharing file (SMB) biar gampang aja, karena toh cuma di jaringan lokal aja dan juga disekitar kayanya tidak ada yang berpotensi hacker, hehehe. Ya kalau sampai misalnya ada yang bisa nembus jaringan dirumah ya saya gantian ngehack lah, gituh aja, hehehe.

Baca juga:  macOS: Memperbaiki Adobe Tidak Bisa Dibuka di Hackintosh Ryzen

Dilanjut dengan mengakses file sharing SMB dari Windows 10 dari Kodi yang ada di Android TV dengan menambahkan video sources. Dan ternyata elor guys, Operation not permitted. Weh, sekonyong-konyong koder dah. Gugling sana sini dan kemari gak nemu jawaban juga, pusing dibuatnya. Tapi akhirnya ketemu juga sih, kalau gak ketemu kan gak mungkin nulis artikelnya, yakan.

Untuk memperbaiki error Operation not permitted pada Kodi 19 yang ada di Android TV lakukan langkah berikut:

Langkah pada Windows 10

  • Klik kanan pada logo Windows => Apps and Features
  • Apps and Features => Optional features => More Windows features
  • Dan kemudian aktifkan SMB 1.0/CIFS File Sharing Support, dan restart

Langkah pada Kodi 19.1 Matrix di Android TV

  • Settings => Services. Dan aktifkan menu setting yang berada di paling bawah menjadi Advanced untuk melihat menu SMB client
  • SMB client => Minimum protocol version => SMBv1 => restart
  • SMB client => Maximum protocol version => SMBv1 => restart
  • Setelah itu lakukan langkah untuk menambahkan video source dan kali ini akan ditanya username dan password. Entah, kok usernamenya sudah langsung terisi dengan darto yah, apa ini membaca username dari IP PC yang sama sebelumnya atau memang membaca dari nama akun yang ada di folder C:\Users, entahlah. Dan untuk password masukkan password akun live.com.
  • Berarti percuma setting Turn off password protecting sharing, HAHAHA. Eh tapi enggak deng, soalnya saya akses dari macOS memang gak perlu lagi password, cukup pilih sebagai Guest aja.
  • Setelah memasukkan password ya langsung berhasil deh, hehehe.
Baca juga:  macOS: xcrun: error: invalid active developer path

Dan sampai disini ceritanya, hehehe. Sengaja dibuat postingan biar nanti gak lupa atau nanti pas mengalami masalah yang sama tinggal nyontek aja, dan kalau emang nanti kejadian lagi dan mengikuti langkah diatas gak berhasil ya berarti tinggal update aja postingannya, hehehe.

Update Sabtu, 25 September 2021

Ternyata setelah Kodi dimatikan atau exit dan kemudian mengakses kembali file sharing SMB Windows 10, muncul error meminta password. Untuk mengatasinya kita akan memasukkan username dan password di url yang kita gunakan saat mengakses SMB Windows 10.

smb://username:password@10.0.7.3

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ twenty = 28