Jadi, ceritanya ingin memaksimalkan motherboard GIGABYTE Z77X-D3H sebagai server storage, karena motherboardnya dilengkapi dengan 8 port SATA yang ternyata selama ini dan baru engeuh kalau cuma tersedia SATA III 2 port dan sisanya ya SATA II aja, hadeuh, nambah kerjaan ini mah.

Maksud hati adalah ingin pasang semua port SATA untuk HDD semua dan terpikir ide untuk install OS Windows melalui USB dengan menggunakan harddisk external atau flashdisk, kebetulan motherboard dilengkapi dengan USB3, kan tambah asik lagi yakan. Kemudian buatlah bootable Windows ke USB pakai Rufus dan masukkan lah flashdisk yang berisi bootable dan SSD yang menggunakan enclosure USB3. Dan tibalah pada proses instalasi saat memilih harddisk untuk diinstal OS Windows dan ternyata Microsoft tidak mengizinkan, katanya Windows cannot be installed to this disk. Setup does not support configuration of or installation to disks through a USB or IEEE 1394 port. Jadilah weng eng ing eng.

Cari-cari ternyata bisa menggunakan aplikasi yang namanya WinToUSB tapi ternyata mahal juga euy, hehehe. Dan setelah baca-baca di webnya kok dia singgung Windows To Go, nah keingetan deh waktu mau buat bootable OS Windows menggunakan Rufus pas klak klik ada baca Windows To Go disalah satu menu dropdownnya. Akhirnya mencoba lah dulu pakai Rufus yakan, dari pada beli mahal-mahal dan coba cari versi crackannya ternyata mengandung virus, hehehe.

  1. Plug-kan harddisk external ke PC; mmmmm plug maksudnya dicolokin, xixixi. kaliiii.
  2. Buka Rufus; saya menggunakan versi 3.3.1400 saat ini yang terbaru versi 3.8.1580
  3. klik SELECT untuk mount iso windows
  4. Dan kemudian pada Image option pilih Windows To Go karena defaultnya adalah Standard Windows Installation
  5. Pada menu Partition scheme pilih MBR agar bisa booting di motherboard versi lama (BIOS) atau UEFI
  6. Klik START untuk memulai proses pembuatan windows di harddisk external
  7. Dan nanti akan muncul dialog box pilihan jenis OS yang ingin diinstall bergantung dari iso yang kita mount sebelumnya pada langkah ke 3.
  8. Klik OK untuk memulai proses extract atau instalasi windows ke external drive.
  9. Setelah selesai akan muncul notification _You have just created a media that uses the UEFI:NTFS bootloader. Please remember that, to boot this media, YOU MUST DISABLE SECURE BOOT. For details on why this is necessary, see the 'More Information' button below._

Setelah selesai proses pembuatan Windows To Go diatas pada harddisk external atau usb flashdisk, bisa langsung harddisk external tersebut kita plug (colokkan) di komputer yang kita ingin install dan jangan lupa untuk setting boot di BIOS untuk memulai boot ke harddisk external tersebut. Dan jadilah Windows portable yang bisa kita bawa kemana-mana sesuai yang bisa berpindah PC dan disesuaikan software-software yang kita ingin install pada OS windows di external drive tersebut.

Disarankan menggunakan port USB3 dan jika menggunakan SSD atau HDD laptop pilih enclosure yang menggunakan USB3 dan sama dengan flashdisk, pilih flashdisk USB3. Cirinya adalah baris biru pada ujung konektornya.

Selamat mencoba.

  • Rufus; download di web resminya rufus.ie atau di link mirror
  • Windows 7 SP1 Home Basic / Home Premium / Professional / Ultimate; 32bit or 64bit
  • Windows 10 x64 & x86; Download ISO
  • Windows Server 2012 R2 Standard Core / Standard GUI / Datacenter Core / Datacenter GUI; Download ISO x64

Untuk aktivasi menggunakan KMS bisa melihat di post KMS Server

Related Posts