Install FreeBSD di Raspberry Pi - Login

Install FreeBSD di Raspberry Pi

Selayang Pandang

Jadi ceritanya galau gara-gara CentOS dijadikan upstreamnya RHEL dimana sebelumnya CentOS adalah downstreamnya RHEL. Perubahannya dimana? Sebelumnya, alur dari CentOS adalah seperti ini:

Fedora ⇒ RHEL ⇒ CentOS

Tapi, ditahun 2014 CentOS dibeli RHEL dan saat ini dirubah alurnya, menjadi:

Fedora ⇒ CentOS ⇒ RHEL.

Nah, dimana perubahannya? sebelumnya, CentOS akan mendapatkan semua fitur dari RHEL, iya dong, karena CentOS adalah turunannya RHEL, tapi, karena sekarang dijadikan upstreamnya RHEL, maka, setiap fitur yang ada di RHEL gak semua akan ada di CentOS. Itulah kenapa semua pada kecewa dan bahkan banyak yang jadi termenung, seperti saya ini XIXIXI.

Ya udah, akhirnya cari lah yang alternative, dan akhirnya memutuskan untuk kembali ke basic, back to UNIX. Dan pilihannya yang mudah aja, FreeBSD. Mulai belajarlah kita, semoga اَللّهُ berikan kemudahan untuk kita semua.

Perlengkapan

Buat Bootable FreeBSD Untuk Raspberry Pi

Extract terlebih dahulu image yang didownload. Saya menggunakan macOS, untuk extractnya menggunakan termnal dengan perintah:

Shell

Perintah diatas berlaku juga bagi yang menggunakan Linux. Dan buat yang menggunakan Windows bisa menggunakan software 7-Zip.

Baca juga:  CentOS 7: Install Icecast Menggunakan SSL Dari Let's Encrypt

Setelah di extract, masukkan microSD ke laptop atau PC dan buka balenaEtcher untuk memulai proses membuat bootable ke microSD dengan sebelumnya memilih file FreeBSD-12.2-RELEASE-arm64-aarch64-RPI3.img. Setelah selesai tinggal masukkan ke Raspberry Pi.

Install FreeBSD di Raspberry Pi - balenaEtcher
Install FreeBSD di Raspberry Pi – balenaEtcher

Seharusnya sih berhasil, hehehe, dan langsung muncul login. Tapi waktu saya menggunakan FreeBSD yang 13, belum berhasil, tapi bisa jadi bermasalah waktu pembuatan bootablenya, karena saya menggunakan Raspberry Pi Imager.

Login Default FreeBSD di Raspberry Pi

Install FreeBSD di Raspberry Pi - Login
Install FreeBSD di Raspberry Pi – Login

Berdasarkan wiki FreeBSD, login default untuk FreeBSD di Raspberry Pi adalah:

Untuk user menggunakan login:

Username: freebsd
Password: freebsd

Dan untuk root, menggunakan login:

Username: root
Password: root

Permasalahannya tinggal bagaimana login ke FreeBSD HAHAHA. Kenapa jadi permasalahan? HAHAHA. Karena port usb mati semua, terus, gimana caranya tahu berapa IP nya? Kalau bisa login sih enak, tinggal panggil perintah ifconfig.

Akhirnya mau gak mau ya kita harus scan network. Untuk Windows bisa menggunakan Advanced IP Scanner sedangkan untuk macOS bisa gunakan perintah nmap -sV 10.0.1.0/24.

Install FreeBSD di Raspberry Pi - Advanced IP Scanner
Install FreeBSD di Raspberry Pi – Advanced IP Scanner
Install FreeBSD di Raspberry Pi - Nmap Scan
Install FreeBSD di Raspberry Pi – Nmap Scan

Nah kan, akhirnya ketemu sudah IPnya, jadinya bisa deh kita remote menggunakan SSH dengan perintah ssh freebsd@10.0.1.36.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ eighty seven = 95