Dimanakah Kedudukanmu di Dunia ini?

Telah bersabda Rasulullah صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ :
Sesungguhnya dunia hanyalah diperuntukkan untuk 4 orang:
1. Seorang hamba yang ALLAH berikan ilmu dan harta, kemudian dia bertakwa kepada ALLAH dalam hartanya, dengannya ia menyambung silaturahmi serta mengetahui hak ALLAH didalamnya. Maka orang tersebut kedudukannya paling utama/baik (disisi ALLAH).
2. Seorang hamba yang ALLAH berikan ilmu namun tidak diberikan harta, namun ia memiliki niat yang jujur dan ia berkata: “Seandainya aku memiliki harta, aku pasti akan mengerjakan seperti apa yang dikerjakan si fulan, maka dengan niatnya itu, pahala keduanya adalah sama.
3. Seorang hamba yang ALLAH berikan harta namun tidak diberikan ilmu kepadanya. Lalu ia menggunakan hartanya seenaknya tanpa ilmu,  tidak bertakwa kepada ALLAH dengan hartanya, tidak menyambung silaturahmi dengannya, dan tidak mengetahui bahwa ALLAH memiliki hak dalam harta tersebut. Keudukan orang ini adalah yang paling buruk [disisi ALLAH].
4. Seorang hamba yang tidak ALLAH berikan harta dan juga ilmu kepadanya, lalu ia berkata: “Seandainya aku memiliki harta, aku pasti mengerjakan seperti apa yang dikerjakan sifulan. Maka dengan niatnya itu, maka keduanya mendapatkan dosa yang sama.
Shahih: Riwayat Tirmidzi :2325,  Ibnu majah: 4228
Semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua, serta bisa sebagai acuan untuk senantiasa memperbaiki amal kita diatas sunnah Nabi صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ.
Akhukum Ahmad Ferry Nasution
Mahad Tahfidz Ummahatul Mu’minin
Artikel terkait:   Bergegaslah Memasuki Pintu Kebaikan

Isi Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.