CentOS: Upgrade PHPMyAdmin 5 - Function Deprecated

CentOS: Upgrade phpMyAdmin

Tadiannya mau cari-cari tutorial mengenai cara install LAMP, eh ternyata kok agak ribet yah, eh pas lihat blog sendiri ternyata udah pernah bikin tutorialnya, hehehe. Biasalah, respon tercepat tuh selalu aja searching, hehehe.

Dan setelah selesai proses install phpMyAdmin, ternyata ada error, lumayan banyak errornya.

CentOS: Upgrade PHPMyAdmin 5 - Function Deprecated
CentOS: Upgrade PHPMyAdmin 5 – Function Deprecated

Mungkin karena versi phpMyAdmin 4.4.15.10-4 yang defaultnya dari repo epel-release belum compatibility dengan PHP 7.4. Kalau searching terkait errornya malah disuruh menyembunyikan errornya, hish, dasar. Akhirnya coba upgrade, yaitu dengan remove terlebih dahulu phpMyAdmin dan kemudian install phpMyAdmin yang dari repo remi.

Shell

Versi phpMyAdmin yang diinstall melalui repo remi ini ternyata sudah versi 5.1.1-1.el7.remi. Dan setelah login, semuanya kelar deh, gak ada error lagi, dan sepertinya dugaanku benar, hehehe.

Update on Friday, July 2, 2021

Hari ini melakukan perintah yum update dan kalau dilihat semuanya berkaitan dengan php, tetapi ketika coba akses phpMyAdmin malah terjadi error 403 Forbidden. Sepertinya ada yang berubah konfigurasi phpMyAdmin, dan setelah dilihat ternyata benar, phpMyAdmin.conf berubah menjadi:

Shell
/etc/httpd/conf.d/phpMyAdmin.conf

Rubah konfigurasi atas menjadi seperti ini

Shell

Setelah itu phpMyAdmin bisa diakses kembali.

Baca juga:  Raspberry Pi: Install Libreelec dan Mount Network Drive Melalui Script autostart.sh

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty ÷ = five