Cara Cek WHOIS Domain Indonesia di Windows Terminal

Cara Cek WHOIS Domain Indonesia di Windows Terminal

WHOIS Sysinternals

Mau cek domain di Windows 10 21H1 yang kemarin buat pakai Windows To Go tapi ternyata error

whois : The term 'whois' is not recognized as the name of a cmdlet, function, script file, or operable program. Check t
he spelling of the name, or if a path was included, verify that the path is correct and try again.
At line:1 char:1
+ whois rodja.tv
+ ~~~~~
    + CategoryInfo          : ObjectNotFound: (whois:String) [], CommandNotFoundException
    + FullyQualifiedErrorId : CommandNotFoundException

Jadilah tambah kerjaan, yakan. OK, langkah awal tuk mengatasi error ini adalah dengan mendownload tools whois64.exe dari Sysinternals dan kemudian disimpan di folder Windows. Tapi sebelumnya saya rename terlebih dahulu menjadi whois.exe saja, hehehe. Dan ketika dijalankan pertama kali melalui terminal maka akan muncul kotak dialog Whois License Agreement dan tentu saja kita klik tombol Agree.

WHOIS Server List

Nah, iseng deh tuk cek domain darto.id dan weks, error.

Connecting to ID.whois-servers.net...
No such host is known

Dan jadi ingat, kalau gak salah dulu pernah buat juga postingan mengenai hal ini tapi waktu itu menggunakan macOS, tapi karena blog ini adalah new chapter, sampai dihapus semua postingannya, hehehe. Soalnya waktu itu setiap postingan selalu menggunakan bahasa Inggris and temen-temen tuh yang baca postingannya melalui sosmed sampai ada yang ngomong, lo nulis apaan sih to. Haiks, OMG. Jadi pusing beta, garuk-garuk kepala dibuatnya. Sekolah dari SD sampai kuliah ada mata pelajaran bahasa Inggris tapi gak becus juga, HAHAHA. Dan akhirnya lah, setelah vakum nulis dan jadi terpikir juga, mmmm guna memperbanyak artikel tulisan dalam bahasa Indonesia, ya uis lah, yang lama dihapus aja, eh dan ternyata malah setelah memulai blog baru dengan konsep baru, eh malah males share ke sosmed, HAHAHA.

Baca juga:  Hapus Storage Pool Read Only

Nah kan jadi cerita, WKWKWKWK. Oh iya, postingan yang lama itu ada di tumblr dengan judul macOS: Cara Cek WHOIS Domain Indonesia (.id, .web.id, .ponpes.id, .my.id, .sch.id, .co.id, .ac.id, .biz.id, .or.id) Melalui Terminal. Dan demi mengenang masa lalu yang indah, imagenya saya jadikan post thumbnail deh, hehehe.

OK, lanjut. Kembali ke Terminal.

Silakan merujuk ke WHOIS server list di NirSoft, ya mungkin masih banyak sumber lainnya, silakan aja cari sendiri. Dan ternyata untuk domain Indonesia server whoisnya adalah whois.pandi.or.id, jadinya, perintah yang kita panggil di Windows Terminal adalah:

whois darto.id whois.pandi.or.id

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ninety six ÷ sixteen =