Banyak tahu tapi tidak tahu banyak

Banyak Tau Tapi Gak Tau Banyak

Semakin hari teknologi semakin canggih dan semakin mudah mencari informasi sehingga bermunculan sosok mandiri-mandiri manusia yang mencari prestise dengan menjadi serba tahu dengan segala media informasi yang bertebaran di dunia maya.

Dan sangat mirisnya adalah seseorang dengan mudah mengatakan kepada orang lain perkataan yang kasar dengan memberikan gelar tidak up to date dan bodoh akan dunia luar padahal dunia informasi bertebaran dimana-mana dan mudah didapatkan dengan hanya satu klik saja.

Yang lebih aneh lagi, justru orang yang sering mencari-cari informasi di dunia maya ini ternyata adalah orang yang memiliki kepercayaan bahwa ada kitab suci yang lebih agung untuk di baca atau dilantunkan, Al Qur’an. Dan yang lebih aneh lagi justru orang ini menyebarkan paham ini tetapi dia sendiri tidak mengamalkannya dan lebih asik membaca informasi di dunia maya yang kadang di komentarinya bahwa informasi-informasi yang ada di dunia maya sengaja disebarkan untuk mengelabui umat Islam. Anehnya terlalu extreme. Dan yang bikin geleng kepala ketika orang ini tersudutkan dia membuat pernyataan dusta, “emangnya kalau gue baca Al Qur’an ngomong-ngomong sama lo”. Wallahu’alam.

Orang sekarang lebih prestise akan banyak hal yang dia ketahui dibandingkan dengan mengetahui sesuatu lebih banyak. Banyak tahu tapi tidak tahu banyak. Padahal akan sungguh bermanfaat kalau seandainya dia mengetahui sesuatu tetapi memiliki pengetahuan banyak akan sesuatu itu. Ini yang disebut skill.

Sebetulnya dunia informasi mungkin terlihat begitu vulgar, seolah-olah semuanya ada di pelupuk mata saat kita melihat monitor tentunya :D. Sehingga sesuatu itu atau sebuah informasi itu hanya dengan cukup dengan mencari di mesin pencari. Padahal ini hanya permainan dunia bisnis saja yang orang yang banyak tahu ini semakin tergoda untuk terus memakai atau terus mengunjungi sumber informasi ini sehingga dia terbuaikan akan aktifitasnya dan semakin dibuat untuk ketagihan untuk memakaianya, yang sesungguhnya telah membuat bodoh dirinya sendiri karena tidak ada ilmu yang banyak dia ketahui di kepalanya dan semakin membuat dia malas untuk melakukan sesuatu karena yang sebenarnya dia tidak bisa melakukannya dikarenakan tidak memiliki sebuah ide dikarenakan terlalu banyak informasi yang dia baca sebelumnya.

Berbeda halnya jika dia memiliki pengetahuan akan sesuatu tetapi dia memfokuskan lebih dalam lagi mengenai pengetahuan tersebut.

Yang perlu dipertanyakan adalah, jika memang media atau seseorang membagikan sebuah informasi atau ilmu, lantas kenapa bermunculan adanya para ahli yang menguasai atau yang memiliki pengetahuan justru hanya di bidang-bidang tertentu saja? Dan mengapa perusahaan merekrut karyawan banyak yang menguasai dibidangnya masing-masing? Pernahkah terlintas dipikiran anda bahwa seorang manager atau seorang pengusaha akan menarik anda atau memperkerjakan anda jika anda banyak tahu tetapi ketika di test untuk mengerjakan sesuatu anda tidak tahu banyak? ini yang namanya no skill atau no talent.

Informasi adalah sesuatu yang sangat berharga yang sangat bernilai sehingga tidak akan mudah disebarkan didunia maya tanpa ada tujuan materi atau prestise.

Mulailah hidup anda dengan sebuah keahlian, banyak mengetahui atau fokus di satu bidang. Ketika anda mencoba untuk banyak tahu segala hal maka disitulah letak kesalahan pertama anda. Dan orang yang menguasai sesuatu hal akan dengan tidak mudah menganggap orang lain itu bodoh. Karena orang yang menguasai sesuatu hal itu akan lebih menyadarkan dirinya bahwa ternyata banyak hal yang dia tidak ketahui karena dia hanya mengetahui satu hal saja.

Fitnah apa yang lebih besar daripada anggapan Anda, engkau mengkhususkan suatu keutamaan yang tidak pernah dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam? Dalam riwayat yang lain: Fitnah apa yang lebih besar daripada Anda menyangka bahwa apa yang Anda pilih itu lebih baik dari pilihan Allah dan RasulNya?

Imam Malik

Isi Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× two = 18

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.