About Me

Saya bekerja di salah satu stasiun radio di Cileungsi. Radio tempat saya bekerja bukan commercial oriented, tapi lebih kepada pengembangan spiritual, mental dan attitude sumber daya manusia.

Pertama kali saya bergabung tahun 2009 untuk mengurusi web. Dan ditahun 2010 saya mengembangkan system visual broadcasting dengan teknologi video streaming. Awal pengembangan video streaming saya menggunakan Winamp TV – Nullsoft Video Streaming (NSV) dengan Shoutcast sebagai server distribusinya yang kemudian akhirnya beralih ke Wowza. Sempat beralih ke YouTube, tapi akhirnya sekarang menggunakan Live Stream YouTube hanya per-event saja tetapi 24 jam menggunakan Wowza menggunakan HLS Streaming.

Dalam perjalanan mengembangkan system visual broadcasting, karena terbatas pada dana, akhirnya menggunakan virtual video mixer. Pertama kali yang saya gunakan adalah elektronika yang dipadukan dengan Deejaysystem sebagai video playlistnya. Sampai sekarang pun masih menggunakan Deejaysystem karena mudah mengoperasikannya dan juga sesuai dengan kesederhanaan system yang diterapkan.

Ketika video streaming naik siar menggunakan media satelite di tahun 2011, saya fokus untuk lebih mengembangkan IT infrastructure. Sampai sekarang pun masih belajar karena ternyata masih banyak hal yang belum dan kadang malah tidak bisa saya mengerti, hehehe. Maklum, single fighter, hehehe.

Web Hosting

Perjalanan web hosting ini sebetulnya yang paling melelahkan. Web panel yang pertama kali saya gunakan untuk web hosting adalah virtualmin. Setelah itu pernah menggunakan ISP Config 3 karena tertarik dengan Nginx + HHVM, tapi menggunakan automated installation on Debian by Matteo Temporini. Dan terakhir menggunakan CWP (CentOS Web Panel) dan jadilah pusing karena saat ini RedHat hanya men-support CentOS Stream.